Belajar Mengemudi Mobil Manual untuk Mendapatkan SIM A

Belajar Mengemudi Mobil Manual untuk Mendapatkan SIM A

Belajar mengemudi mobil manual lebih baik Anda lakukan, walaupun Anda memutuskan untuk membeli mobil matic. Sebab dengan Anda bisa mengemudikan mobil manual, maka mengemudikan mobil matic sudah pasti Anda bisa juga, hanya perlu belajar cara tambahannya saja. Sesungguhnya mengemudikan mobil manual tidak sesulit yang Anda bayangkan, walaupun memang itu akan membutuhkan beberapa kali latihan baru bisa. Jadi memang tak bisa jika Anda hanya belajar sekali saja kemudian langsung mahir. Pasti akan membutuhkan waktu. Untuk belajar, Anda dapat diajarkan oleh orang yang sudah Anda kenal dan sudah bisa menyetir mobil, atau Anda boleh juga belajar dengan mengikuti kursus mengemudi, yang sekarang banyak ditemukan baik di kota kecil maupun di kota besar sekalipun. Mari baca selengkapnya.

 

Berlatih di tanah lapang

 

Untuk latihan, jika Anda bukan mengikuti kursus mobil, sebaiknya berlatih terlebih dahulu di tanah lapang. Jangan langsung berlatih di jalanan, karena resiko kecelakaan akan semakin besar. Jangan sampai Anda merugikan diri sendiri dan juga merugikan orang lain. Anda carilah tanah lapang, boleh lapangan atau tanah kosong, yang bebas paku dan aman. Kemudian Anda dapat berlatih:

 

  • Maju
  • Mundur
  • Belok kiri
  • Belok kanan

 

Belajar mengerem, belajar mengganti gigi mobil. Yang terpenting di sini adalah belajar mengendalikan mobil. Itu termasuk menguasai kopling. Anda dapat membuat variasi dasar latihan kompleks, dengan begitu kemampuan Anda untuk mengendarai mobil pun akan meningkat dengan cepat. Jadi Anda jangan hanya memutar-mutar saja dalam lapangan tersebut.

 

Latihan yang dijalankan

 

Anda dapat mencoba latihan memindahkan gigi mobil, di antara gigi 1, gigi 2, juga gigi 3 sampai lancar. Untuk gigi 4 mungkin tidak, karena itu untuk kecepatan tinggi. Selain itu, Anda juga dapat belajar gigi R, atau belajar memundurkan mobil. Anda dapat membuat pathok penanda, boleh dari kayu ataupun ban, dan gunakan itu untuk belajar mengepaskan mobil Anda. Jadi jangan sampai ban mobil mengenai pathok tersebut.

 

Harus bisa refleks

 

Semakin Anda sering berlatih maka Anda pun akan semakin lancar dalam memindahkan gigi mobil manual. Umumnya pengendara yang masih belajar itu masih belum lancar untuk memindahkan perseneleng gigi, tetapi memang itulah yang harus dipelajari. Di mana pengemudi yang masih belajar biasanya sebelum memindahkan gigi itu melihat pada arah perseneleng terlebih dahulu. Dan hal tersebut tidak boleh, karena bisa mengganggu konsentrasi ketika mengemudi. Dalam latihan mengemudi, Anda juga harus belajar untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Intinya sampai Anda terbiasa mengganti gigi tanpa harus mengintip ke perseneleng lagi, sampai bisa reflek.

 

Sekian artikel tentang belajar mengemudi mobil manual untuk mendapatkan SIM A, semoga bermanfaat.

Leave a Reply