Super Car Buatan Singapura Kelas Dunia Dendrobium

Super Car Buatan Singapura Kelas Dunia Dendrobium

Singapura merupakan salah satu negara yang menawarkan kecanggihan teknologi maupun dibidang automotivenya. Berikut ini adalah artikel yang akan membahas tentang review mobil terbaru dari Singapura. Walaupun sebelumnya kita juga ketahui bahwa Singapura adalah salah satu negara yang membebankan banyak peraturan bagi para pemilik mobil pribadi. Karena di negara tersebut lebih banyak pejalan kaki dan pengguna transportasi umum. Walaupun demikian singapura sangat berkompeten dalam industri mobil.

Di singapura terdapat perusahaan mobil bernama Vanda Electrics yang beberapa waktu lalu memberikan bocoran  konsep mobil pertama mereka. Jika dilihat-lihat nama perusahaannya, sepertinya aslinya bukan berdiri dari awal sebagai merek mobil ya? Ya, perusahaan mobil tersebut telah merilis konsep mobil dengan model super car elektrik yang bernama dendrobium. Walaupun namanya agak aneh namun memiliki sebuah makna. Nama perusahaan itu berasal dari sebuah bunga anggrek. Ternyata bukan hanya nama saja yang menginspirasi nama produk mobil ini. Tetapi, juga sistem buka atap dan pintu mobil Dendrobium yang diklaim mudah saat dipakai untuk akses keluar-masuk. Berat Dendrobium sendiri diperkirakan sekitar 1.750 kilogram.

Artikel Lain : Yamaha New Vixion Advance Tampilan Lebih Tangguh

Pada umumnya dendrobium sama dengan super car lainnya. Dendrobium hanya memiliki 2 tempat duduk. Dendrobium juga salah satu mobil listrik sehingga tidak memiliki mesin, seperti mesin V8, V10, V12 atau W16 itu tidak ada. Yang ada hanya memiliki 4 motor listrik buatan dari Yasa. Mesin tersebut memiliki fungsi tugas untuk menggerakkan masing-masing roda. Sistem kerja ini hampir sama dengan sistem kerja mobil Mitsubishi Lancer Evolution MIEV atau Mercedes Benz SLS AMG Electric Drive. Ada pun Output mesin listrik itu luar biasa, karena bisa menghasilkan 1.500 hp dan 4.000 Nm. Angka tersebut yang dapat membuat mobil ini memiliki milik Bugatti dan Koenigsegg.

Mobil dendrobium merupakan mobil listrik yang mampu melaju dengan kecepatan 100 km/ jam dalam waktu 2,6 detik. Hanya dengan kecepatan maksimal diklaim melebihi 400 km/ jam. Teknologi baterai yang digunakan setara dengan formula E dengan kapasitas 90-100 kWh, jarak tempuh dari baterai penuh hingga habis ada di kisaran 400 km. Mobil ini akan mejeng di Geneva Motor Show tahun depan, dan akan dirakit di pabrik Williams di Inggris. CEO dari mobil dendrobium ini mengatakan hanya membuat  sekitar 10-20 unit Dendrobium saja untuk seluruh dunia, dan semuanya setir kanan. Harga yang dibanderol pun harganya diperkirakan hanya mencapai jutaan dollar. Mobil Dendrobium Electric Car tidak berdiri sendiri. EPTA London yang merancang disain mobil, seperti bahan aluminium dan carbon, juga bahan spoiler pada bagian depan kendaraan.

Ada pun spesifikasi kendaraan dendrobium super car mobil listrik tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Total Length: 5540mm.
  2. Total Width: 2270mm.
  3. Total Height: 1100mm.
  4. Curb Weight: 1750kg.
  5. Wheelbase: 3530mm.
  6. Torque: 4000Nm.
  7. Power Output: 1500HP.
  8. Acceleration: 0-100km/h in 2.6s.
  9. Top speed: 400km/h
  10. Range: 400km.
  11. Battery Capacity: 90-100kWh.
  12. Powered by 4 electric motors.
  13. Incorporates All Wheel Torque Vectoring system with stability function.
  14. Adjustable height for road and track operation.
  15. Two Seater, twin door.
  16. Carbon fiber and aluminum body and chassis.
  17. Liquid cooled batteries and motor.

Bagaimana menarik bukan mobil dendrobium sebagai kendaraan listrik tersebut?

nah kita tunggu indonesia bisa membuat mobil listrik yang berkelas dunia

Baca Juga : Hasil Race Moto Gp Sepang Malaysia 2016

Comments (2)

  1. Idnextwap 06/11/2016
  2. Ari Kuncoro Mukti 06/11/2016

Leave a Reply