Tips Mensetting Karburator Mobil dengan Benar

Tips Mensetting Karburator Mobil dengan BenarKarburator merupakan salah satu mekanik dalam bidang otomotif yang terdapat pada semua kendaraan bermotor. Kali ini kita akan mengetahui bagaimana tips mensetting karburator mobil dengan benar. Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara mensetting karburator mobil, berikut caranya. Namun, sebelumnya kita akan membahas lebih rinci tentang bagaimana karburator itu?

Fokus pembahasan artikel ini adalah tentang karburator mobil. Sebelumnya secara umum kita ketahui karburator adalah salah satu komponen pada kendaraan bermotor yang ada pada motor atau mobil. Pada mobil sendiri, sistem kerja karburator diibaratkan dengan amunisi kendaraan. Jika tidak ada karburator maka kendaraan tidak dapat berjalan. Maka dari itu, karburator harus dijaga kebersihannya.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan karburator adalah dengan memperhatikan sistem pencampuran bahan bakar yang harus dijaga dengan baik. Jika anda menjaga dengan baik sistem bahan bakar anda maka, kinerja mesin akan lebih sempurna. Jika karburator anda mengalami kerusakan, maka dapat mengakibatkan kendaraan anda susah hidup.

(Baca juga  : Harga Mobil Toyota Terbaru)

Umumnya, karburator pada mobil dan motor memiliki fungsi yang sama. Namun, sekarang ini kita ketahui motor injeksi sudah banyak yang tidak menggunakan lagi karburator. Prinsip kerja karburator mobil mengadopsi prinsip bernoulli, yakni dengan mengatur aliran dalam kecepatan fluida. Komponen karburator pada mobil terdiri atas, float chamber, floater, Choke valve, Thorttle Valve, Main jet, Slow jet, dan piston.

Karburator merupakan tempat bercampurnya bahan bakar dengan udara. Namun, jika bahan bakar yang anda gunakan tidak cocok dengan yang direkomendasikan pabrik mobil maka akan mengakibatkan pemakaian bahan bakar dan akselerasi kendaraan yang juga sangat berkurang. Nah, berikut ini adalah tips mensetting karburator mobil dengan benar.

(Baca Juga : Harga Mobil Datsun Terbaru)

Terdapat 3 sekrup yang penting perannya dalam karburator hingga optimal. Berikut ini tips mensetting karburator mobil dengan benar:

  1. Kendorkan sekrup idle up namun AC nyalakan. Anda bisa berhenti melakukan setting ketika sekrup tersebut tidak bisa lagi merendahkan RPM mesin.
  2. Turunkan RPM mesin hingga 500 atau sampai tidak mati.
  3. Putar sekrup ke kiri hingga nyaris mati. Kemudian kembalikan ke kanan hingga nyaris mati juga. Setelah itu putar perlahan-lahan hingga RPM tertinggi. Saat itulah kita akan menemukan campuran bensin dan udara terbaik.
  4. Kemudian setting sekrup RPM sampai 700, 800, atau 900 sesuai permintaan pembuat mesin.
  5. Lalu, nyalakan AC, maka RPM akan berkurang turun.
  6. Terakhir nyalakan kembali sekrup idle ke RPM yang diinginkan.

Begitu tips mensetting karburator mobil dengan benar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply